Cara Install OwnCloud di Ubuntu/Debian

digital ocean banner

Daftar Sekarang dan dapatkan DigitalOcean $10 Credit Gratis!! [Code: TWITTER914]

owncloud-square-logo

Di jaman sekarang yang apa-apa serba digital, backup adalah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh semua orang. Mulai dari hal-hal kecil yang sederhana seperti contact ponsel, foto, musik, film bahkan pekerjaan. Karena kita ngga akan tahu kapan, kita lagi kena sial, dan parahnya kesialan itu terjadi pas kita lagi butuh-butuhnya dengan data itu. Rrrgh banget lah pokoknya.

Backup bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, yang paling sederhana mungkin bikin salinan data ke USB Flash disk, atau kita bisa juga melakukan backup offsite. Backup offsite, terutamanya cloud backup bisa sangat membantu disaat kita tidak punya akses ke benda kita bikin salinan (bisa hilang, ketinggalan atau rusak terkena virus), selain itu dengan cloud backup data bisa di akses kapan dan dimana saja (selama kita punya jaringan internet).

Saat ini banyak sekali penyedia jasa cloud backup yang berada di internet, beberapa nama terkenal seperti Carbonite, Crashplan, Dropbox, Sugar Sync dan terakhir yang cukup menghebohkan beberapa hari terakhir Google Drive. Beberapa jasa layanan backup tersebut bervariasi mulai dari free plan sampai yang berbayar. Ada kelebihan dan kekurangannya sendiri menggunakan jasa pihak ketiga untuk menangani file-file pribadi kita, namun yang sering menjadi perhatian adalah masalah privasi.

Banyak cara untuk mengatasi masalah privasi tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan enkripsi sebelum kita mengupload file tersebut. Cara lainnya adalah dengan membangun cloud storage backup kita sendiri. Dengan membangun dan memanage data kita sendiri, data akan sepenuhnya berada dibawah kendali kita dan (secara teori) akan lebih aman karena hanya kita dan orang-orang yang kita pilih yang dapat mengakses filet tersebut. Salah satu aplikasi untuk membangun cloud backup kita sendiri adalah dengan menggunakan OwnCloud. OwnCloud adalah sebuah program open source dan dikembangkan secara OwnCloud foundation dan dibantu secara intensif oleh komunitas yang besar. Cara install OwnCloud sendiri sangat mudah, secara total tidak sampai 5 menit dari mulai sampai dengan selesai. Berikut adalah cara install OwnCloud di Ubuntu/Debian :

1. Setup DNS

Langkah pertama adalah memberikan nama alamat kepada OwnCloud. OwnCloud bisa di install di domain sendiri maupun didalam subdomain.

2. Up and Running your web server

Untuk menginstall OwnCloud kita harus memiliki webserver yang sudah berjalan. Untuk panduan paling mudah menjalankan webserver, bisa baca tutorial di servermom.org

3. Download OwnCloud

Klik link INI untuk datang ke webpage installer OwnCloud.

owncloud web installerPilih Web Installer dan kemudian akan muncul pop up seperti gambar dibawah

OwnCloud Web Installer 2

Ikuti instruksi pada pop-up tersebut. Download setup-owncloud.php dan diletakkan di root folder webserver. Root folder bisa terdapat di /var/www atau bisa di tempat lain tergantung setting waktu install webservernya. Upload ke server bisa menggunakan ftp client seperti Filezilla.

4. Install OwnCloud

Untuk Install OwnCloud, buka web browser dan buka alamat domain yang ditunjuk /setup-owncloud.php (contoh: dhavid.com/setup-owncloud.php atau kalau menggunakan subdomain contoh.dhavid.com)

owncloud setup

And, that’s it! Setelah installasi di server selesai, kita bisa memilih untuk download install client nya di SINI.

Top Gear Season 21
JKW4P
6 Comments

Leave a Reply