Cara Install Theme pada Ghost Blogging Platform

digital ocean banner

Daftar Sekarang dan dapatkan DigitalOcean $10 Credit Gratis!! [Code: TWITTER914]

Cara Install Theme pada Ghost Blogging Platform

Secara default Ghost, hadir dengan theme Casper. Namun, kita bisa menambahkan custom theme sendiri. Sayangnya, proses untuk instalasi theme di Ghost tidak semudah pada WordPress. Ada banyak sumber dimana kita bisa mendapatkan Ghost theme. Salah satunya adalah Ghost Marketplace dimana kita bisa mendapatkan beragam theme. Mulai dari yang free alias gratis sampai yang berbayar alias premium. Salah satu tempat lain, dimana kita bisa mendapatkan banyak theme Premium untuk Ghost adalah ThemeForest. Ada kurang lebih 154 theme yang ditawarkan ThemeForest. Dan untungnya, karena Ghost merupakan platform yang baru, harga premium theme yang ditawarkan juga masih relatif murah. Berkisar antara $15 s/d $25.

Sebelum menginstall theme, jika belum memiliki Ghost Blog, silahakan baca di SINI untuk tutorial lengkap cara install Ghost Blog pada linux VPS.

Setelah kita mendapatkan theme yang kita mau, selanjutnya adalah menginstallnya kedalam Ghost Web kita. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Login Menggunakan SSH

Kita bisa login kedalam SSH menggunakan terminal (untuk OS-X dan Linux) atau menggunakan aplikasi seperti PuTTY atau MobaXterm (untuk Windows).

2. Pindah ke Ghost Theme Directory

Setelah berhasil login, pindah ke directory Ghost kita. Pada contoh kali ini, Ghost terletak pada root directory. Jadi, alamat directorynya bisa berubah tergantung setting pada VPS kamu.

cd /root/ghost/content/themes

3. Download Ghost Theme

Kebanyakan theme pada Ghost (terutama yang free) di host di GitHub. Jadi ketika kita ingin menambahan theme baru, kita tinggal menggunakan perintah clone git. Apabila di VPS kamu belum terinstall git, bisa dilakukan dengan perintah :

apt-get install git-core 

Setelah git terinstall, gunakan perintah clone git untuk mendownload file theme yang kamu mau. Dalam contoh kali ini kita akan menginstall theme Vapor.

git clone https://github.com/sethlilly/Vapor.git

4. Ganti Ownership Files

Kita tidak bisa langsung menggunakan theme yang baru kita download. Kenapa? Karena file yang baru kita clone dari GitHub, tidak memiliki ownership yang bisa diakses oleh VPS kita. Cara merubah ownership adalah dengan menggunakan perintah chown. Ditambah dengan memasukkan username dan group yang ingin diberikan akses atas file theme tersebut. Dalam contoh kali ini, file theme akan diberikan kepada root. Jadi perintah yang diberikan adalah :

chown -R ghost:ghost Vapor

Setelah itu, restart Ghost NPM.

5. Ganti Theme pada Ghost Admin Panel

Selanjutnya, kita cukup mengakses Ghost Admin Panel.

http://alamatGhost.com/ghost

Kemudian pilih SETTINGS dan scroll menuju theme dropdown menu. Selanjutnya tinggal dipilih theme yang baru kita install.

Ghost Theme Option

Silahkan mencoba, dan install theme kesukaan kalian 😀

Cara Install Disqus Pada Ghost Blogging Platform
Cara Setting Email Ghost Menggunakan Mailgun
One Comment

Leave a Reply