Cara Install VestaCP di Ubuntu/Debian Server

digital ocean banner

Daftar Sekarang dan dapatkan DigitalOcean $10 Credit Gratis!! [Code: TWITTER914]

Vesta CP0

Bukan rahasia kalau banyak orang lebih suka menggunakan control panel untuk mengelola servernya. Alasannya tentu saja karena kemudahan dan fleksibilitas yang diberikan oleh control panel tersebut, mulai dari mengatur user, system template untuk web/user, web-server, DNS, database, e-mail dll. Banyak pilihan alternatif control panel untuk mengatur sebuah server diantaranya cPanel, zPanel dan webmin. Salah satu yang mulai berkembang dan banyak digunakan adalah Vesta CP. Tidak seperti cPanel yang berbayar, Vesta CP bersifat Open Source dan dikembangkan oleh komunitas. Kelebihan VestaCP sendiri adalah fitur yang lengkap ditambah dengan navigasi yang simple dan user friendly tapi elegan. Hal ini sangat membantu terutama bagi pemula, yang baru belajar mengenai server management.

Untuk menginstall Vesta CP sendiri sangat mudah, hanya terdiri dari tiga langkah sederhana:

  1. Login sebagai root kedalam server menggunakan ssh :
    ssh root@your.server.ip
  2. Download file installer :
    curl -O http://vestacp.com/pub/vst-install.sh
  3. Jalankan file installer tersebut :
    bash vst-install.sh

Vesta CP2

Setelah instalasi selesai akan dijumpai tampilan berikut. Catat alamat, user id dan password yang diberikan untuk login kedalam VestaCP.

Vesta CP3Buka web browser dan ketikkan alamat yang diberikan. Tolong perhatikan bahwa, alamat yang diberikan merupakan halaman terenkripsi (https://) dan ketika kita buka maka akan ditemukan tampilan yang kira-kira seperti ini.

Vesta CP4

Hal ini merupakan hal yang wajar, karena SSL certificate yang digunakan merupakan certificate yang digenerate secara random oleh server. Cukup klik “I Understand the Risk” –> “Add Exception” –> “Confirm Security Exception”

Vesta CP5Selanjutnya akan disajikan login page dari VestaCP. Isikan username dan password yang tadi sudah digenerate.

Vesta CP6Setelah login, anda akan disambut oleh VestaCP dashboard, dimana kita bisa memanage resource dari server yang ada.

Vesta CP7

Dan selesai sudah. Sangat sederhana dan cepat, mungkin kurang dari 5 menit. Selamat mencoba! πŸ˜€

Welcoming Ubuntu 13.10 dengan GNOME Environment
#FirstTweet
10 Comments

Leave a Reply