Duo Security Review

digital ocean banner

Daftar Sekarang dan dapatkan DigitalOcean $10 Credit Gratis!! [Code: TWITTER914]

Duo Security Review

Seiring dengan semakin sadarnya masyarakat dengan keamanan, semakin berkembang pula popularitas layanan Two-Factor Authentication.

Two-Factor Authentication

Two-Factor Authentication adalah salah satu metode untuk meningkatkan keamanan privasi dan atau data digital kita. Beberapa tahun yang lalu, mungkin kita akan cukup merasa aman hanya dengan menggunakan password yang aman dan rumit. Tapi keadaan jaman sudah berubah, teknologi semakin berkembang pesat dan tingkat ancaman keamanan ini menjadi semakin serius. Terlebih dengan banyaknya orang yang semakin mengandalkan internet untuk menjalankan bisnis dan keuangannya. Issue tentang keamanan pun menjadi perhatian semakin banyak orang.

Two-Factor Authentication seperti namanya menggunakan dua metode untuk memberikan autorisasi akses pada sebuah data. Metode pertama biasanya berupa metode password yang sudah kita kenal sekian lama. Metode autentikasi kedua biasanya bersifat lebih unik dan personal, biasanya berupa token OTP atau via ponsel / telepon. Hal ini untuk meminimalisir kebocoran data yang mungkin terjadi.

About Duo Security

Duo Security adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang layanan Two-Factor Authentication. Perusahaan swasta yang berbasis di Michigan, Amerika Serikat ini di sponsori oleh beberapa investor besar, seperti Google Ventures, True Ventures dan Resonant Venture Partners.

Duo Security pun telah beberapa kali mendapatkan awards dan review untuk produk layanan mereka,

Duo Security Review - Awards

Duo Security Usability

Sebagai sebuah layanan keamanan, mungkin kita berpikir bahwa mengimplementasikan dan menggunakan Two-Factor Authentication akan sulit. Tapi kenyataannya, menggunakan layanan dari Duo Security ini sangat mudah.

Selain mendukung banyak layanan dan aplikasi, Duo Security juga menyediakan tutorial dan dokumentasi yang lengkap. Untuk daftar dokumentasi dan aplikasi yang didukung oleh Duo Security silahkan baca di halaman berikut.

Selain jumlah aplikasi yang didukung, Duo Security juga menawarkan metode autentikasi yang beragam. Secara total, ada 5 metode yang bisa dipilih dan didukung oleh Duo Security. Mulai dari mobile apps (iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry) hingga token OTP.

Duo Security Review - Method

Pricing

Meskipun menyediakan layanan yang sangat baik, namun Duo Security juga mampu menghadirkan daftar harga yang sangat kompetitif. Bahkan Duo Security juga menyediakan layanan Free alias Gratis dengan tetap menyediakan semua metode autentikasi. Layanan berbayar mereka (Bussiness & Enterprise) menyediakan lebih banyak fitur dan (sesuai namanya) lebih cocok untuk kalangan bisnis dan korporat. Tapi bagi kita yang juga ingin merasakan extra feature tersebut, jangan berkecil hati. Duo Security berbaik hati memberikan kita free trial 30 hari untuk menggunakan layanan Enterprise mereka.

Duo Security Review - Pricing

Personal Experience

Saya sendiri menggunakan Duo Security, untuk meningkatkan keamanan dari blog ini. Sekitar satu atau dua minggu yang lalu, admin panel dari blog ini mendapatkan serangan brute-force yang cukup intens. Bahkan pada puncaknya, saya mendapatkan email laporan brute-force dari 2000 IP berbeda yang semuanya otomatis sudah ter-blokir. Serangan itu berulang sampai beberapa hari, sampai akhirnya saya memutuskan untuk meningkatkan keamanan yang ada menjadi lebih baik lagi.

Instalasi Duo Security pada WordPress sangat mudah, kita cukup menginstall Plugin dari Duo Security kemudian menginstall aplikasi yang cocok dengan OS Smartphone kita. Setelah aplikasi terpasang, kita akan diminta untuk melakukan scan QR code yang akan membantu kita untuk mengkonfigurasi Two-Factor Authentication web kita.

Duo Security Review - WordPress

Duo Security Review - WordPress Login

Sekarang sudah kurang lebih dua minggu menggunakan layanan dari Duo Security ini, kesan yang didapat adalah sangat baik. Saya sangat terkesan dengan kemudahan sekaligus keamanan yang ditawarkan. Highly recommended bagi yang ingin mengimplementasikan Two-Factor Authentication ke dalam project kalian 😀

~ Duo Security Review

Leave a Reply