Opera Mail – Email Client Ringan dari Opera

digital ocean banner

Daftar Sekarang dan dapatkan DigitalOcean $10 Credit Gratis!! [Code: TWITTER914]

Opera Mail - Email Client Ringan dari Opera

Bukan rahasia lagi kalau Microsot Outlook merupakan mail client yang paling banyak digunakan didunia. Bagaimana tidak, hampir seluruh PC kantoran menggunakan Microsoft Outlook sebagai mail clientnya. Alasannya sudah pasti, karena selain sudah satu paket dengan bundle Microsoft Office, Microsoft Outlook juga sangat fungsional dan mudah digunakan. Sehingga sudah sejak lama Microsoft Outlook menjadi standar email client di dunia.

Tapi Microsoft Outlook juga bukan tanpa cela. Berbagai macam fungsi dan kelebihan yang ditawarkannya harus dibayar dengan kebutuhan hardware yang lumayan baik. Jadi bagaimana dengan notebook atau PC jadul dengan spesifikasi hardware yang pas-pasan? Banyak alternatif lain, salah satunya adalah Opera Mail.

“Opera? Bukannya itu nama browser yang untuk handphone itu ya?” Yap! Tidak salah. Kebanyakan orang mengenal Opera sebagai perusahaan pembuat web browser. Namun jangan salah, Opera tidak hanya mengeluarkan web browser untuk ponsel (Opera Mini dan Opera Mobile) seperti yang banyak dikenal orang saat ini. Mereka juga membuat web browser untuk PC. Dan, jangan anggap remeh browser buatan Opera ini. Karena dari segi feature dan kemampuan, browser mereka mampu memberikan persaingan yang ketat dengan browser lain sekelas Google Chrome, Firefox ataupun Safari.

Setelah menggunakan Opera Mail selama beberapa waktu, berikut adalah kesan dan kesimpulan yang didapat.

Design

Secara tampilan, Opera Mail tampil seragam dengan anggota keluarga Opera lainnya. Yang membedakan hanya adanya 3 layout panel yaitu folder, messege list dan messege body. Standar layout Email Client pada umumnya. Meskipun tidak menampilkan tampilan yang mewah seperti Microsoft Outlook dengan effect fade dan lainnya. Tampilan Opera Mail cukup fungsional. Semua fungsi dasar memiliki shortcut icon-nya sendiri dan cukup mudah untuk dimengerti. Hal yang baik, karena bisa mengurangi waktu untuk beradaptasi bagi pengguna baru.

Features & Performance

Opera Mail Feature

Seperti keluarga Opera lainnya, Opera Mail mengandalkan performance sebagai andalannya. Fast and lightweight. Mungkin dua kata itulah yang paling cocok untuk menggambarkan Opera Mail. Karena memang sangat cepat dan ringan. Fetching ratusan email header untuk e-mail account yang baru di setup juga sangat cepat. Di pasang pada notebook dengan processor 1.6 Ghz, Opera Mail tidak menimbulkan lag atau hal semacam itu. Malah kesan yang di dapat mirip seperti kita menjalankan Opera Browser karena sama-sama cepat dan ringan.

Tidak banyak fitur lain yang bisa dibicarakan mengenai Opera Mail. Karena memang tidak banyak fitur yang dibenamkan pada Opera Mail. Tapi jangan salah, untuk menjalankan fungsi-fungsi utamanya sebagai email client, Opera Mail mampu melakukannya dengan sangat baik. Mungkin Opera memang sengaja mendesain Opera Mail seperti itu. Fokus hanya untuk menjalankan tugasnya sebagai email client yang ringan, cepat dan mudah digunakan oleh siapapun.

Dan yang paling penting, Opera Mail bisa didapatkan secara gratis. Alternatif yang bisa dijadikan pilihan ketika kalian merasa Microsoft Office terlalu mahal untuk dibeli dan Mozzila Thunderbird terlalu mainstream untuk dipakai. Bagi yang berminat untuk mencoba Opera Mail, bisa langsung download di situs resmi Opera.

~ Opera Mail – Email Client Ringan dari Opera

2 Comments

Leave a Reply