Up and Running

digital ocean banner

Daftar Sekarang dan dapatkan DigitalOcean $10 Credit Gratis!! [Code: TWITTER914]

dhavid.com down sekitar 1 hari, dari tanggal 28 Februari – 1 Maret 2014.

Kisahnya berawal dari Jumat pagi, ketika mencoba untuk install WordPress Multisite. Awalnya berjalan lancar, dan mini site yang lagi iseng di bangun pun bisa berjalan dengan baik. Masalah mulai terjadi ketika malamnya sedang konfigurasi DNS, yang pada waktu itu ngga sadar ada kesalahan dimana, akses ke dhavid.com ngga mau terjadi. Error 404 kalau ngga salah ingat, tapi karena keadaannya udah terlalu lelah karena habis pergi dari siang troubleshooting pun dipending sampai keesokan paginya. Entah karena belom sadar sepenuhnya, atau gimana pemecahannya tidak bisa didapatkan (yang ternyata jawabannya didapat, persis setelah install ulang. kesalahan hanya pada penunjukan domain name yang belum diupdate haha parah)

Maka dengan berbagai pertimbangan, diputuskan untuk install ulang server supaya bisa di configure dari clean state dan sekalian bisa optimalisasi setting yang didapat dari trial & error setup server sebelumnya. OS yang dipilih adalah Debian 7, tidak Ubuntu seperti biasanya. Alasannya sederhana, hanya karena ingin coba sesuatu yang “sedikit” berbeda (ngga beda sebenernya 😛 )

Setup was easy, update repository, install LAMP, FTP, WordPress, done. The tricky part was, putting it all together into a solid web server. Berbeda dengan rencana awal dimana setelah WordPress up and running, mau langsung restore backup yang ada (data base, plugin, theme, dll – complete package). Diputuskan bahwa yang di restore hanya post, page, dan categories. Hal ini, dilakukan supaya tahu kesalahan yang dilakukan di server sebelumnya (karena ada beberapa hal yang ngga berjalan sebagaimana mesti nya di server lama). Ternyata, hasilnya ngga sia-sia, hampir semua permasalahan di server lama terjawab dan bisa di perbaiki di server ini. Overall sangat puas dan senang hahahaha.. 😀

GT Metrix Test,

Link or PDF

GTmetrix

Pingdom,

Link

pingdom test

Leave a Reply