YunoHost – Cara Mudah Mengatur Server Hostingmu

digital ocean banner

Daftar Sekarang dan dapatkan DigitalOcean $10 Credit Gratis!! [Code: TWITTER914]

YunoHost - Cara Mudah Mengatur Server Hostingmu

Banyak orang mengalami kesulitan dalam mengatur atau me-manage servernya terutama server hosting. Baik itu maintenance, monitoring maupun menginstall suatu aplikasi. Karena masalah inilah YunoHost hadir.

YunoHost

YunoHost adalah sistem operasi yang dibangun secara khusus dengan tujuan agar semua orang bisa dengan mudah mengatur server hosting mereka. YunoHost dibangun dengan dasar distro Debian. Karena dibangun diatas Linux core, kita juga bisa meng-installnya diatas sistem operasi Debian yang sudah berjalan.

YunoHost saat ini juga sudah mendukung banyak perangkat, seperti PC / Dedicated server, Virtualisasi (VPS, VirtualBox, Dokker) dan juga micro computer seperti Raspberry Pi dan CubieBoard.

Cara Install YunoHost

Untuk melakukan instalasi YunoHost pun terbilang sangat mudah. Hanya diperlukan 3 langkah sederhana untuk melakukan instalasi awal.

1. Install Git

YunoHost bersifat free dan open source. Karena mereka mengupload repositorinya menggunakan GitHub, maka kita bisa menggunakan fitur clone dari git untuk menginstall YunoHost. Yang pertama kita perlu lakukan adalah menginstall git di server atau komputer kita.

apt-get install git

2. Clone Git

Gunakan fitur clone dari git untuk mengopi repositori YunoHost

git clone https://github.com/YunoHost/install_script /tmp/install_script

3. Jalankan perintah instalasi

cd /tmp/install_script && sudo ./install_yunohostv2

Pasca Instalasi

Setelah proses instalasi selesai, kita akan disambut oleh jendela untuk melanjutkan proses pasca instalasi (Post Installation). Cukup tekan enter, kemudian masukkan domain name dari server yang akan kita gunakan. Kemudian masukkan juga admin password yang akan kita gunakan untuk mengakses dashboard dari YunoHost.

YunoHost - Cara Mudah Mengatur Server Hostingmu 1

Setelah semua proses instalasi pada terminal ssh kita selesai, selanjutnya kita buka domain yang kita masukkan di web browser. Kalau kita disambut halaman security warning, jangan takut karena ini hal yang wajar. Hal ini disebabkan oleh security certificate yang digunakan adalah certificate yang kita generate sendiri dan tidak / belum diverifikasi oleh pihak ketiga. Kita cukup menambahkan exception pada certificate ini untuk melanjutkan pada halaman utama YunoHost dan masukkan password kita.

YunoHost - Cara Mudah Mengatur Server Hostingmu 2

YunoHost Dashboard

Dashboard dari YunoHost pun sangat sederhana, tapi sangat fungsional dan mencakup segala fitur penting yang kita butuhkan. Disinilah inti atau pusat dari YunoHost. Melalui dashboard ini kita bisa mengatur user, domain, aplikasi, service, monitoring, tools dan backup.

YunoHost - Cara Mudah Mengatur Server Hostingmu 3

Aplikasi

Keunggulan YunoHost adalah kemudahannya, terutama dalam hal installasi aplikasi. Sangat mudahnya, bahkan bisa disandingkan dengan feature 1-Click Install dari cPanel atau control panel lain. Aplikasi yang didukung oleh auto installer dari YunoHost ini pun sangat beragam. Berikut adalah list dari aplikasi tersebut

  • AgenDAV (CalDAV Web Client)
  • DokuWiki (Highly versatile Open Source wiki software that doesn’t require a database.)
  • Transmission (A Fast, Easy, and Free BitTorrent Client)
  • OpenVPN (Your Secure and Private Tunnel to the Internet)
  • phpMyAdmin (Manage MySQL databases over the web)
  • Jirafeau (Upload a file in a simple way and give a unique link to it)
  • Wallabag (A self hostable read-it-later app)
  • GateOne (HTML5-powered terminal emulator and SSH client)
  • Tiny Tiny RSS (A PHP and Ajax feed reader)
  • Zerobin (A minimalist, opensource online pastebin where the server has zero knowledge of pasted data)
  • OwnCloud (Sync & share your files, pictures, music, contacts, calendars, and much more !)
  • WordPress (Create a beautiful blog or website easily)
  • Roundcube (Open Source Webmail software)
  • Custom Webapp + FTP (Empty App with FTP access to the web directory)
  • Jappix (A free social network)
  • OranjeProxy (A simple PHP proxy)
  • Searx (A privacy-respecting, hackable metasearch engine)
  • Radicale (CalDAV (calendar) and CardDAV (contact) synchronization server)

Untuk menginstall aplikasi yang kita inginkan kita cukup memilih tab “APPLICATION” pada dashboard kita, dan pilih “+ Install” di sudut kanan atas. Kemudian pilih aplikasi yang kita inginkan.

Kesimpulan

YunoHost merupakan salah satu program baru yang masih dalam pengembangan. Artinya kita masih akan menjumpai beberapa bugs yang mungkin akan mengganggu kita. Tapi sejauh ini saya mencoba hampir semua aplikasi dan feature bisa digunakan tanpa masalah. Ada beberapa feature yang belum diimplementasikan tapi sudah dimasukkan kedalam dashboard mereka. Tapi, untuk fungsi dasar dan utama dari YunoHost bisa bekerja tanpa masalah.

Semoga kedepannya YunoHost bisa berkembang lebih baik dan maju lagi. Project ini memiliki banyak potensi yang bisa menjadikannya besar dan luar biasa.

~ YunoHost – Cara Mudah Mengatur Server Hostingmu

Leave a Reply