Fun Project! Post

digital ocean banner

Daftar Sekarang dan dapatkan DigitalOcean $10 Credit Gratis!! [Code: TWITTER914]

Just for fun

Update : 17 April 2014

Web ini selain merupakan blog pribadi, juga merupakan sarana untuk belajar dan eksperimen. Berikut adalah beberapa Fun Project yang sudah dikerjakan didalam domain dhavid.com ini. Semuanya merupakan project sederhana yang dikerjakan diwaktu luang, dengan tujuan untuk memenuhi rasa keingintahuan dan pembelajaran. Kebanyakan tutorialnya belajar di internet dan disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan 😀

1. Dhavid & Asti Corner

dhavid dan asti corner

Mini blog tentang gw dan Asti. Sengaja dibangun sebagai project iseng, untuk jadi semacam diary digital. Bukan diary juga sih, tapi kaya semacam memory book, atas hal apa yang pernah terjadi didalam hidup kami berdua. Di bangun diatas Ghost Platform yang bekerja menggunakan node.js. Bagi blogger sejati harus cobain Ghost. Karena memang sangat mudah, dan menyenangkan untuk menulis.

2. Cloud Service

cloud.dhavid.com

OwnCloud adalah project Open Source yang mungkin harus dicoba oleh semua orang. Mengimplementasikan layanan cloud pribadi, bisa memberikan banyak kelebihan dibanding layanan cloud storage pihak ketiga. Contoh paling baik adalah masalah privasi dan keamanan data. Di dalama OwnCloud juga bisa diinstall aplikasi tambahan (semacam plugin) yang memungkinkan kita bisa mengembangkan kegunaannya lebih jauh lagi. Ditambah, dengan menambahkan API dari layanan lain seperti Google Drive dan Dropbox, kita bisa mengintegrasikan OwnCloud sebagai redundan backup yang fleksibel dan mudah digunakan. Thumbs up bangetlah buat developernya.

OwnCloud : http://owncloud.org/

Tutorial : Cara Install OwnCloud di Ubuntu / Debian

3. Public FTP

ftp files.dhavid.com

Berawal dari keisengan untuk share files kaya Film dan TV Series di kaskus. Awalnya file hosting digabung didalam WordPress karena itu cara yang paling mudah dan logis untuk menggabungkan file serving, file streaming, dan content delivering di dalam satu container (via http). Masalah dimulai ketika banyak user yang mengakses data tersebut bersamaan. Website ini menggunakan Varnish sebagai file cache dan proxy engine-nya. Varnish memang bekerja dengan sangat baik, meminimalisir resource usage (RAM dan CPU) serta memperkecil load time dengan sangat signifikan. Tapi ada kekurangan Varnish yang buat blog ini sempat tumbang berkali-kali beberapa minggu yang lalu. Kekurangan yang paling berasa adalah ketidakmampuan varnish untuk menghandle file dengan ukurang sangat besar dan streaming. Memang ada banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya dengan piping rules dan file skipping namun nampaknya belom ada yang berhasil di implementasikan di blog ini. (Maklum nubi ngga ngerti pemrograman)

Akhirnya diputuskan untuk men-split load yang ada menjadi beberapa service independen salah satunya dengan public FTP ini. Mungkin kedengarannya sederhana, hanya buat akses FTP untuk publik, tapi bagi nubi yang ngga pernah/awam untuk setting ftp server seperti ini cukup untuk bikin waktu habis dari pagi sampai siang haha.

4. Server Status

dhavid.com server status

Mengatur server memang susah-susah gampang. Fun project satu ini, sengaja dikerjakan untuk mempermudah pengecekan dari kondisi server-server yang ada. Memang, ada banyak service yang menyediakan layanan server monitoring seperti Node Querry, tapi cukup repot juga karena kita harus buka webnya, isi username dan password, login kemudian baru bisa lihat keadaan server. Server status mempersingkat langkah-langkah itu, hanya dengan membuka url kemudian ringkasan status server kita sudah terlihat secara (hampir) realtime.

Sumber : https://github.com/BotoX/ServerStatus

5. Mini Speedtest

dhavid.com mini speedtest

Siapa yang tidak tahu speedtest.net? Layanan penguji kecepatan internet paling terkenal saat ini #lebay haha. Tapi mungkin banyak yang tidak tahu kalau speedtest.net juga membuka sedikit source code nya untuk digunakan publik secara bebas. Memang interfacenya sangat sederhana dan tidak secantik situs utamanya, tapi yang paling penting program ini bekerja dan installasi juga sangat mudah.

Sumber : http://www.speedtest.net/mini.php

6. Web Based Terminal (Status : Terminated / Finished Project)

dhavid.com web based terminal gateone

Ada kalanya kita sedang sangat malas. Ketika sedang browsing dan membutuhkan akses cepat kedalam terminal, baik untuk login menggunakan SSH kedalam server atau sekedar menggunakan perintah ping atau semacamnya. Pilihan menggunakan terminal didalam browser yang sedang kita gunakan pasti menjadi pilihan yang wajar (namanya juga lagi males, haha). Karena alasan kemalasan yang luar biasa itulah gw iseng, bikin project yang satu ini. Meskipun tidak sebaik terminal atau aplikasi semacam Putty atau MobaXTerm yang memiliki segudang fitur yang luar biasa, web based terminal yang dibangun menggunakan GateOne ini cukup fungsional dan mampu mengerjakan tugasnya dengan baik, walaupun hanya sebatas fungsi dasar/sederhana.

Sumber : https://github.com/liftoff/GateOne

7. BitTorrent Sync Backup (Private)

BT Sync

Mengatur file antar server kadang bisa merepotkan. Belum ditambah dengan kewajiban untuk membackup data yang ada secara redundan untuk meminimalisir terjadinya loss data. Salah satu alternatif paling mudah, untuk mengatur sinkronisasi antar server adalah dengan menggunakan Bit Torrent Sync. Bit Torrent Sync merupakan file sharing peer to peer, jadi kita bisa bertukar file antar komputer tanpa menggunakan perantara / direct link. Bit Torrent Sync juga bisa diatur dalam push / pull configuration, serta full permission atau hanya read only, menjadikan BT Sync sangat cocok untuk aplikasi backup. Kecepatan upload / download juga tentu saja bergantung kepada kecepatan kedua belah pihak.

8. Transmission Torrent Box (Private)

Transmission

~ Tidak usah dijelaskan dengan kata-kata :-p

=====

*original page link : http://dhavid.com/fun-project/

Cara Install ZPanel di Linux Server
Cara Mudah Install WordPress Menggunakan Tuxlite di Ubuntu/Debian

Leave a Reply