TrickByte Smart DNS Service Review

digital ocean banner

Daftar Sekarang dan dapatkan DigitalOcean $10 Credit Gratis!! [Code: TWITTER914]

TrickByte Smart DNS Service Review

Selama seminggu terakhir saya menggunakan Smart DNS Service dari TrickByte. Bagaimana kesan dan pengalaman dari satu minggu ini?

Apa Itu Smart DNS Service

Awal saya menggunakan Smart DNS adalah karena ingin menggunakan layanan Spotify. Namun sayangnya, Spotify adalah salah satu layanan yang tergolong “geographic based restriction”. Sampai saat ini Spotify telah meluncurkan layanannya di banyak negara, tapi sayangnya Indonesia adalah salah satu negara yang belum mendapatkan jatah layanan streaming musik ini. Salah satu alternatif untuk bisa menggunakan layanan yang berdasarkan letak negara (seperti Spotify, Netflix, Pandora, dll) adalah dengan dengan menggunakan Smart DNS.

Tapi, apa sebenarnya layanan Smart DNS itu? Secara sederhana Smart DNS mirip dengan layanan VPN. Smart DNS adalah layanan yang secara otomatis mengalihkan koneksi atau jaringan kita kedalam proxy server mereka. Proxy server ini, memiliki POP (point of presence) didalam area yang awalnya kita tidak bisa untuk mengaksesnya. Karena kita mengakses layanan tersebut dibawah proxy server, layanan seperti Netflix atau Spotify tidak menganggap kita seperti outsider.

Instalasi

Sebagai sebuah layanan TrickByte menekankan lebih kepada kemudahan dan kecepatan. Untuk Instalasi sendiri sangat mudah dan cepat. Saya menggunakan TrickByte langsung di router, sehingga semua client yang menggunakan DHCP bisa langsung menggunakan layanan ini, otomatis tanpa setting lebih lanjut lagi.

Instalasi pada TrickByte hanya login (atau daftar dahulu) kedalam TricByte Account untuk mengupdate IP kita, kemudian kita mengubah primary dan secondary DNS pada opsi DHCP di client kita (PC, notebook, atau router), menggunakan DNS IP dari TrickByte. Setelah itu tinggal restart router dan flush dns pada client. Atau jika kita menggunakan Smartphone atau tablet, kita bisa download aplikasinya di toko aplikasi.

TrickByte Smart DNS Service Review

Kecepatan

Jadi, Smart DNS sama saja dengan VPN dong? Serupa tapi tidak sama. Salah satu yang membedakan VPN dan Smart DNS adalah, masalah enkripsi. Smart DNS tidak mengenkripsi data seperti VPN. Jadi, karena data tidak di enkripsi terlebih dahulu, jadi bisa mengurangi overhead antara server, klien dan POP, sehingga data bisa langsung di bypass yang otomatis membuat transfer data akan terjadi lebih cepat.

Oleh karena itu layanan Smart DNS seperti TrickByte, lebih cocok jika kita ingin menggunakannya untuk mengakses konten media seperti Netflix dan Spotify. Smart DNS tidak cocok untuk yang mengutamakan keamanan karena, tidak adanya enkripsi data pada Smart DNS.

Selama 1 minggu menggunakan layanan dari TrickByte, kecepatan dan respons sangat baik. Bahkan bisa dibilang, seperti tidak menggunakan perantara apapun. Ternyata setelah baca-baca lagi, TrickByte menggunakan layanan dari Amazon EC2, jadi wajar jika performance dan speednya sangat bagus, karena TricByte juga di dukung oleh perangkat yang mumpuni.

Harga

Soal harga memang bisa dibilang relatif. Tapi jika dibandingkan dengan layanan lain seperti VPN, TrickByte bisa dibilang lebih murah. Dengan harga dasar $2.99 / bulan, kita bisa mendapatkan layanan yang baik dan cepat. Jadi bisa dibilang, lumayan worth the price, kalau kamu memang ingin dan akan menggunakan layanan dari luar negeri secara rutin.

Untungnya bagi kita yang ingin coba-coba, TrickByte menawarkan free trial selama 14 hari. Bukan itu saja, TrickByte juga menawarkan free service selama 1 tahun jika kita menulis review dari layanannya di website atau blog kita. Karena selama 1 minggu ini memang puas menggunakan layanan Smart DNS Service dari TrickByte, maka diputuskan untuk menulis review singkat dari layanan ini. Lagipula, lumayan kalau dapat gratisan 1 tahun 😀

Kesimpulan

Dengan harga yang relatif murah, jika kita memang menginginkan atau membutuhkan jasa untuk bisa mengakses layanan yang tertutup untuk negara tertentu, TrickByte bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Layanan yang sangat baik dan cepat, bisa menjadi nilai lebih harus ikut diperhitungkan ketika kita mengambil keputusan.

Jadi, tertarik? Silahakan coba dan rasakan sendiri TrickByte.

~ TrickByte Smart DNS Service Review

2 Comments

Leave a Reply