Ubuntu 14.04 Trusty Tahr

digital ocean banner

Daftar Sekarang dan dapatkan DigitalOcean $10 Credit Gratis!! [Code: TWITTER914]

Ubuntu 14.04 Trusty Tahr

Minggu ini sepertinya merupakan minggu terupdate. Terbukti dengan banyaknya rilis terbaru dari beberapa software besar, seperti Windows Phone 8.1, WordPress 3.9 dan sekarang Ubuntu 14.04 LTS. Versi LTS adalah Long Term Support, artinya bahwa versi LTS dari Ubuntu akan memiliki support atau dukungan dari Canonical yang lebih lama dibandingkan dengan versi standar (yang dirilis setiap 6 bulan – pada bulan April dan Oktober setiap tahunnya). Mulai dari versi Ubuntu 12.04, versi LTS memiliki support selama 5 tahun. Hal ini sangat penting terutama bagi komputer server atau juga kalangan Enterprise yang lebih membutuhkan stabilitas dan support dibandingkan bleeding edge features.

Seperti pada versi sebelumnya, penamaan Ubuntu 14.04 pun masih mengambil dari nama hewan yaitu Tahr. Bagi yang belum tahu, Tahr adalah sejenis kambing liar yang hidup di benua Asia. Tahr bisa ditemukan di tiga tempat di Asia yaitu Pegunungan Himalaya, Nilgiri di daerah India Selatan, dan terakhir di kawasan Timur Tengah. Sayangnya Tahr sendiri, saat ini masuk kedalam kategori hewan terancam punah. Salah satu alasan Ubuntu menamakan rilis distro mereka dengan nama hewan, terutama hewan yang terancam punah adalah untuk mendorong pengenalan dan usaha penyelamatan hewan terancam punah tersebut. Salut untuk Canonical dan Ubuntu!

Pada rilis 14.04 sendiri, tidak ada fitur yang terlalu istimewa yang di implementasikan oleh Canonical. Malah bisa dibilang hampir sama dengan rilis sebelumnya Ubuntu 13.10. Hal ini bisa dibilang wajar karena versi LTS memang lebih mengutamakan kepada stabilitas. Saya sendiri pagi ini sudah melakukan update (clean install) pada notebook saya. Namun karena saya bukan penggemar Unity, saya lebih memilih Ubuntu 14.04 versi Gnome.

Ubuntu Gnome 14.04 Wallpaper

Ubuntu Gnome 14.04 pada Release Notes – nya menyebutkan ada 6 fitur yang ditampilkan pada versi LTS ini.

  • Ubuntu GNOME 14.04 is now an LTS (Long Term Support) release. This is our first LTS Release supported for 3 years.

  • Most of GNOME 3.10 is now included. See the GNOME release notes for more details. The few missing bits of 3.10 are available in ppa:gnome3-team/gnome3.

  • gnome-weather, gnome-maps, gnome-photos and gnome-music are all available to install from the archives.
  • With GNOME 3.10 comes enhanced support for online accounts, and some general optimization of the user interface.

  • A set of 10 new high-quality wallpapers are included. For more details, see Ubuntu GNOME Wallpaper Contest.

  • GNOME Classic session is included. To try it, choose it from the Sessions option on the login screen.

Bisa dilihat diatas, memang benar tidak ada fitur istimewa yang diterapkan. Overall, sampai pada saat artikel ini ditulis tidak ada masalah berarti pada ubuntu 14.04. Ada sedikit perubahan layout desktop, tapi tidak signifikan dan hanya bersifat fungsionalitas. Bagi yang ingin mencoba atau mengupdate Ubuntu-nya menjadi versi 14.04 bisa di unduh pada tautan berikut.

Ubuntu 14.04 LTS : http://www.ubuntu.com/download

Ubuntu Gnome 14.04 : https://wiki.ubuntu.com/UbuntuGNOME/GetUbuntuGNOME

~ Ubuntu 14.04 Trusty Tahr

 

Leave a Reply